tata ruang kantor







Definisi tata ruang kantor 

           adalah suatu tindakan mengatur atau menata letak perlengkapan dan perabot kantor didalam ruang serta lantai kerja yang tersedia dengan seefisien mungkin.

Tujuan tata ruang kantor
  • guna memperlancar komunikasi
  • memudahkan koordinasi dan pengawasan ,serta
  • pada umumnya melakukan penimgkatan efisiensi kerja 
manfaaat tata ruang kantor 
  • adanya pengelolaan perubahan       
  • produktivitas dapat meningkat 
  • semangat kerja akan meningkat
  • peralatan dapat digunakan secara efektiv
  • pengawasan dapat difasilitasi 
  • memperlancar proses jalannya pekerjaan 
Syarat penerapan tata ruang kantor 
  • suatu rangkaian aktivitas tata usaha harus dapat mengalir secara lancar
  • kesehatan dan kepuasan bekerja para pegawai harus daapat terpelihara  

macam - macam tata ruang kantor 
  •  Tata ruang kantor terbuka
  •  Tata ruang kantor tertutup 
kelemahan tata ruang kantor 
  • adanya kemungkinan timulnya atau terjadinya kegaduhan atau kebisingan
  • memerlukan biaya yang lebih besar untuk biaya pemeliharaan ruang
  • adanya pemakaian ruangan kurang luwes jika ada perubahan dan perkembangan organisasi
  • tidak lancarnya komunikasi 
kelebihan tata ruang kantor 
  • memudahkan dalam komunikasi dan koordinasi kerja antar pegawai
  • suatu pengawasan akan lebih mudah dilakukan 
  • lebih terjamin konsentrasi kerja
  • akan lebih terjamin atau terlindungnya satu pekerjaan yang bersifat rahasia
Stadart ruang kantor
  • suhu udara
  • ventilasi
  • kebersihan fasilitas keshatan 
  • fasilitas cuci
  • air minum
  • temat dduk 









Komentar